Pages

Wednesday, March 23, 2011

Be Your Self


"NO GREAT POET HAS EVER BEEN AFRAID OF BEING HIMSELF"
[LANGSTON HUGHES]

Salah satu syarat untuk menjadi besar adalah dengan menjadi diri sendiri. Tidak ada epigon yang menjadi besar karena epigon akan diidentifikasi dengan sesuatu yang telah mendahului kemunculannya. Sehingga menjadi nomor kesekian dari kemunculan pertama kali yang orisinil. Namun demikian menjadi peniru tidaklah buruk. Sewaktu kita masih kanak-kanak, kita menjadi peniru segala tingkah polah yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar kita. Bangsa Jepang selama keterpurukannya pasca pengebomam oleh sekutu juga menjadi bangsa peniru. Peniru terhadap teknologi dan produk-produk yang dibuat oleh negara termaju saat itu, Amerika, hingga menjadi bangsa yang hampir-hampir produk-produknya mengalahkan Amerika di pasar Amerika bila tidak ada proteksi dari negara yang suka maunya dan menangnya sendiri tersebut.

Oleh sebab itu belajar mengeksplorasi dan mengenal keunikan diri sendiri dalam berkarya adalah upaya untuk menjadi yang besar. Namun demikian bukan diri kita yang menjustifikasi kebesaran diri kita. Orang lainlah yang lebih berhak menilai apakah kita termasuk golongan orang besar atau tidak, bukan kita sendiri yang merasa menjadi orang besar karena bila hati merasa berarti belum mencapai yang dirasa.

Adalah Langston Hughes yang pernah menyatakan hal itu bahwa tidak ada penyair besar yang pernah takut untuk menjadi diri sendiri. "No great Poet has ever been afraid of being himself," kata Hughes. Hughes adalah seorang penyair dengan puisi-puisi yang menyuarakan dan menyerukan kebangkitan kaum kulit hitam dari keterpurukannya. Keterpurukan oleh dominasi dan pembedaan oleh kaum kulit putih maupun oleh pola-laku mereka sendiri.

Lahir di Joplin, Missouri, James Langston Hughes adalah cicit dari Charles Henry Langston, saudara John Mercer Langston, orang kulit hitam pertama yang dipilih untuk public office.

Oleh sebab itu SELAMAT MENJADI DIRI SENDIRI


Sidomoro, 23 Maret 2011

1 comment:

wajdi said...

sy harus berterimakasih.tulisan inspiratif utk pemula semacam sy.salam pak awie.

Sepetak Sajak

Kau tidak menyebut nama-Ku
kau menyebut namamu

(Gatoloco, Asmaradana, Goenawan Mohammad)

----

aku ingin mencintamu dengan membabi buta-
dengan sebotol racun yang diteguk Romeo
tanpa sangsi yang membuat kematiannya jadi puisi

aku ingin kau mencintaiku dengan membabi buta
dengan sebilah belati yang ditikamkan Juliet
ke dada sendiri yang membuatnya jadi abadi

(Aku Ingin, Autobiografi, Saut Situmorang)